membuat widget email subscription + mendaftar feedburner pada blogger


Untuk menjaga agar traffic di blog kita selalu ramai dan memanjakan pengunjung dengan update - update pos kita, salah satu caranya adalah dengan memasang email subscription di blog kita. dengan memasang fitur itu kita akan secara otomatis mengirim update pos terbaru kita kepada pengunjung yang telah mendaftar BERLANGGANAN VIA EMAIL.

Nah, bagaimana caranya sob.. cukup mudah kok. cekitdot :-)

Pertama, Kita Mendaftarkan RSS Feed Blog Kita Ke FeedBurner Dulu,

  • masuk ke situs google feedburner lalu login dengan akun google anda.
  • masukkan feed blogger anda di form yang seudah di sediakan (checklist "I'm foodcaster" tidak usah di aktifkan).
  • kemudian klick next.
img1

 Note : jika anda belum tahu dan ingin mengetahui apa alamat feed address anda caranya
masuk ke halaman blogger anda kemudian klik kanan -> view page info -> feeds


img2

Oke, ini baru langkah awal. Sebelum anda klik "skip directly to feed management" anda copy dulu feedburner address anda dulu ke blog blogger anda. rubah feed blogger anda menjadi feedburner.
caranya, login ke akun blogger anda kemudian masuk ke Setelan -> lainnya. copy feedburner address anda ke "Posting URL Pengubahan Arah Feed".
img3

Oke, Jelas bukan? Nah setelah itu masuk ke situs feedburner kemudian klik "skip directly to feed management". Selamat!! Feedburner anda telah aktif. sekarang kita ke babak selanjutnya :-)

Menambahkan Gadget Email Subscription Ke Blog Anda

Setelah anda tapi mengaktifkan feedburner, sekarang tinggal mengetahui cara paling mudah untuk mengaktifkan "email subscription. meskipun dengan format yang sangat "standar" tapi lumayan mengingat fungsinya yang cukup bermanfaat untuk blog kita.
klik tombol navigasi "publicize" di situs feed burner anda yang tadi lalu klik "email subscription". Copy script yang ada kemudian letakkan di blog anda. caranya,

masuk ke akun blogger anda -> layout (tata letak) -> add gadget -> HTML/ javascript. kemudian tempelkan (paste) script yang anda copy tadi kedalam tempat yang telah di sediakan dan simpan. Selesai!


img4
img5

  

Demikian tutorial singkat yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga dapat sedikit membantu aktifitas blogging anda. Terima kasih atas kunjungan anda.