Cerita Motivasi : Tentang perjuangan dalam hidup kita

Pada suatu hari seorang anak perempuan mengadu kepada ayahnya tentang hidupnya yang sengsara dan tidak tahu bagaimana dia akan berhasil. Dia sudah bosan berjuang dan berjuang sepanjang waktu. Tampaknya setelah satu masalah dipecahkan, satu masalah lagi segera menyusul. Ayahnya, seorang koki, membawanya ke dapur. Dia mengisi tiga panci dengan air dan menaruhnya di atas api.

Setelah tiga air dipanci mulai mendidih, ia menempatkan kentang dalam satu panci, telur di panci kedua dan biji kopi di panci ketiga. Kemudian membiarkan mereka sampai mendidih, tanpa mengatakan sepatah katapun kepada putrinya. Anak petempuan tersebut mengerang dan tidak sabar menunggu, bertanya-tanya apa yang dia lakukan. Setelah dua puluh menit ia mematikan kompor. Dia mengambil kentang dari panci dan menempatkannya dalam mangkuk. Kemudian dia mengangkat telur dan meletakkannya dalam mangkuk yang lain. Dia kemudian menyendok kopi dan meletakkannya dalam cangkir.

Dia beralih ke putrinya , dia bertanya. "Anakku, apa yang kamu lihat? "" Kentang, telur dan kopi, "ia segera menjawab.
"Lihatlah lebih dekat", katanya, "dan sentuh kentang itu!." Dia melakukannya dan merasakan bahwa kentang itu terasa lunak.

Dia kemudian memintanya mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuang kulitnya, ia memperlihatkan isi telur matang ke putrinya.

Akhirnya, ia memintanya untuk mencium kopi. Aromanya yang sedap dan harum membawa senyum di wajahnya.

"Ayah, apa artinya ini?" Tanya putrinya.

Dia kemudian menjelaskan bahwa kentang, telur dan biji kopi, masing-masing menghadapi kesulitan yang sama, Yaitu air mendidih. Namun, masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda.
Sebelumnya kentang adalah buah yang kuat dan ulet, namun dalam air mendidih, menjadi lunak dan lemah.

Telur rapuh, dengan kulit luar tipis yang melindungi nya. Akan tetapi cairan didalamnya mengeras ketika bertemu air mendidih.

Lalu biji kopi yang unik. Setelah mereka terkena air mendidih, mereka berubah dan menciptakan sesuatu yang baru. Air mendidih justru merubah aromanya menjadi sedap dan kaya.
"Yang manakah kamu?" Tanyanya kepada putrinya. "Pada saat kesulitan menghampirimu, bagaimana kamu menanggapinya? Apakah kamu kentang, telur, atau biji kopi? "

.....
Pesan moral:  Dalam hidup, hal-hal terjadi di sekitar kita, sesuatu terjadi pada kita, tapi satu-satunya hal yang benar-benar penting adalah bagaimana kita memilih untuk bereaksi dan bagaimana kita keluar dari situ.
Hidup adalah tentang menghadapi dan mengkonversi semua perjuangan yang kita alami menjadi sesuatu yang positif.
.....
Sumber : www.moralstories.org