Membuat Quick respon chatting (chating respon cepat) di blog blogger

Kecepatan pelayanan di online shopping atau online service sangat dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Misalnya seperti agen judi online yang sedang marak di Indonesia, atau toko online yang memberikan pelayanan langsung dan cepat. Widget chatting memudahkan pengelola situs dan pengunjung berinteraksi secara langsung saat itu juga.

chat widget

Cara memasang quick respon chatting di sisi kanan bawah halaman situs


Langkah 1. Buka situs penyedia chat online https://www.tawk.to/

Langkah 2. Isi nama alamat email dan password lalu klik Signup for free

nama dan email


Langkah 3. Isi nama situs dan alamat situs anda, misal afrilynote.blogspot.com

situs name


Langkah 4. isi email dan ubah peran/ "role" sebagai agent. Atau "tekan skip this step".

Langkah 5. Install chat widget dengan cara copy kode yang ada lalu paste tepat diatas kode </body> didalam situs anda. Sebenarnya secara default letak widget chating akan berada di sisi kanan bawah situs anda. tapi kita dapat mengaturnya menjadi di sisi kiri bawah halaman situs.

embed code

  • buka dashboard www.blogger.com dan login
  • pilih situs yang ingin anda kasih widget chating
  • pilih template -> edit HTML
  • paste kode yang telah anda copy tepat diatas kode </body>

tag body


Selesai, cek widget chatting anda yang berada di kanan bawah halaman situs anda.

Rubah settingan widget chating


Masuk ke dashboard https://dashboard.tawk.to/ -> sites & pages -> manage pages

site manager

Anda dapat merubah letak widget supaya pindah di kiri bawah, memasang buble, merubah setingan bahasa ke bahasa Indonesia, merubah warna widget, dan lain - lain. Silahkan bereksperimen sesuai dengan desain situs anda.

Semoga tutorial simpel ini dapat membantu anda dan juga saya pribadi :-) .. cheers!