Pengertian SEO (Search Engine Optimization) versi Afrily

Dalam hal ini saya akan coba untuk menjelaskan pengertian SEO dengan cara yang saya mengerti, saya berharap anda juga akan mengerti dan berfikir simple tentang SEO seperti yang terekam dalam otak saya.

Kenapa situs harus SEO friendly

SEO TABSebenarnya apa itu SEO? Secara harfiah berarti Search Engine Optimization, atau dengan kata lain optimasi kepekaan situs kita terhadap mesin pencari. Maksud yang lebih jelas adalah proses mengoptimalkan website sehingga memiliki peluang terbaik untuk terlihat pada jajaran teratas dari mesin pencari saat seseorang melakukan pencarian "searching" dengan keyword yang sesuai dengan keyword kita maupun dengan konten yang ada pada situs kita.

Jadi, alasan utama mengapa hal ini sangat penting dan harus adalah untuk mendongkrak popularitas atau ranking situs kita dan menaikkan traffic pengunjung melalui mesin pencari.

Mesin pencari/ search engine

 search machine
Search engine adalah program yang dirancang untuk menjelajahi internet dan menyimpan data tentang semua
situs yang ada. Untuk membuat situs kita terlihat di mesin pencari penting bagi kita untuk mendaftarkan situs kita supaya keyword maupun konten kita tersimpan dalam database mereka dan dimunculkan saat ada pencarian keyword yang sesuai. Untuk itu kita harus mengikuti aturan atau petunjuk SEO yang mereka tentukan.

Dari semua referensi yang saya baca, dari yang menjelaskan secara teknis dan rumit maupun sederhana point'nya adalah mereka membicarakan hal yang sama. Saya merangkumnya menjadi tiga hal penting SEO

1. Konten/ isi
2. Aksesibilitas/ kemudahan akses
3. Fungsi/ kegunaan

Konten/isi

Tingkatkanlah konten anda dengan hal - hal yang menarik, mungkin tutorial, artikel atau pengalaman anda. Tawarkan kepada pengguna situs dengan bahasa yg mudah dimengerti. Ada banyak cara supaya konten dapat ditingkatkan meskipun konten secara umum harus berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan kredibel, asli, disajikan dengan baik dan jelas memenuhi kebutuhan si pencari.

Aksesibilitas

Webmaster harus mempunyai visi untuk memiliki website yang diakses orang sebanyak mungkin, faktor-faktor seperti kecepatan koneksi sebuah situs web yang berkinerja baik dan memiliki banyak entry point mungkin secara alami akan menjadi lebih mudah diakses oleh mesin pencari. Search engine sekarang lebih canggih dalam mengumpulkan dan menggunakan data untuk menilai aksesibilitas website. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa link anda di sosial media dan back link - backlink yang anda buat akan banyak membantu mesin pencari untuk mengumpulkan data anda.

Fungsi/ kegunaan

Sebuah situs harus memuaskan pengunjung. Analisa dan penelitian harus sering dilakukan untuk "mengerti" apa yang pengunjung butuhkan dan inginkan dari situs anda. Sehingga penyampaiannya dapat tersalurkan dengan tepat dan pengunjung akan keluar dengan informasi yang jelas dan akan mengunjungi situs anda untuk mencari informasi berikutnya.

circle