Tips dan trik menguangkan blog : Potensi wisata Indonesia untuk para blogger pemula

Indonesia, kita tidak akan cukup menghabiskan waktu sepuluh tahun untuk berbicara tentang Indonesia. Negara yang kaya akan potensi dalam segala sektor. Terlalu luas kalau kita berbicara tentang Indonesia. Dalam topik kali ini saya hanya akan membatasi tentang POTENSI WISATA INDONESIA UNTUK PARA BLOGGER PEMULA.

BOROBUDUR PREVIEW AFRILY

Nah blogger mania, pernahkah kita bertanya tentang berapa penghasilan devisa negara yang dihasilkan dari sektor wisata pada suatu daerah? Secara nasional, sektor pariwisata Indonesia menyumbang devisa sebesar 18,5 miliyar Dollar AS, atau sekitar 230 Triliun rupiah, Urutan kelima komoditas berkontribusi terbesar pendapatan negara dibawah migas, batu bara, minyak kelapa sawit, dan karet olahan (sumber: www.beritasatu.com). Kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran tentang mengapa peluang pariwisata di Indonesia sangat menggiurkan untuk para blogger, bahkan bukan hanya di Bali yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Masih banyak potensi wisata yang tidak kalah mempesona dari bali dengan berbagai panorama alam maupun sisi tradisionalnya. Saya akan mengerucutkannya lagi bagaimana memanfaatkan potensi pariwisata daerah anda sendiri, bahkan walaupun mereka belum berminat masih ada kesempatan buat anda untuk mendapatkan sesuatu dari mereka.

Saya mempunyai pertanyaan buat anda yang masih bingung mencari usaha sampingan kalau anda seorang karyawan yang merasa kurang untuk memenuhi kebutuhan, untuk anak sekolah atau mahasiswa yang kebingungan mencari hobi yang menghasilkan, untuk pekerja freelancer yang belum merasa puas tentang apa yang sudah mereka dapatkan, bahkan untuk ibu - ibu rumah tangga yang ingin berpenghasilan. Tentunya pertanyaan ini untuk mereka yang tinggal di sekitar daerah yang berpotensi wisata.

  1. Tahukah anda bahwa internet itu online selama 24 jam sehari di seluruh dunia?
  2. Pernahkah anda berfikir kenapa daerah anda yang berpotensi wisata tinggi jarang peminat dari manca negara? mungkin saja diluar sana orang tidak tahu tentang tempat anda. Dan pemerintah kehabisan cara untuk berpromosi.
  3. Pernahkah anda berfikir bahwa teknologi jauh lebih berkembang di luar sana? mungkin kalau anda lebih suka ke toko kompleks pasar untuk membeli sebuah baju, banyak dari mereka memilih untuk mengunjungi amazon.com atau e-shopping lainnya. Begitu juga sebelum mereka bepergian, mereka akan mencari referensi.
  4. Bisakah anda mengoperasikan komputer dan punya banyak semangat untuk belajar?
  5. Pernahkah anda mempunyai keinginan untuk memiliki sistem yang berjalan dalam mengumpulkan uang? dan anda tidak perlu memeras habis waktu anda untuk itu.

Jawaban yang ingin saya sampaikan adalah :

"Jadilah blogger tentang pariwisata di daerah anda sendiri"

Walaupun kali ini saya tidak akan memandu secara rinci tentang apa saja yang harus anda lakukan, tetapi saya akan menjelaskan langkah - langkah yang bagus untuk anda terapkan untuk membuatnya berjalan sesuai dengan bayangan anda. Semoga paling tidak dapat membantu menentukan langkah - langkah yang dapat anda tempuh supaya lebih efektif. (Saya harap anda adalah seorang yang sedang belajar tentang blog, atau kalau anda benar - benar baru, saya dapat memandu anda secara rinci. Hanya cukup hubungi saya di facebook atau akun google+ saya, its for free alias gratis hehe)

1. Buat sebuah blog atau website (berbahasa inggris lebih baik)!

Anda bisa membuatnya dengan gratis dengan platform blogger, tentukan niche anda tentang pariwisata di daerah anda dan semua yang berhubungan dengan itu. Berikan keyword secara rinci tentang apa yang anda buat. Anda bisa menjelaskan secara global tentang indonesia kemudian arahkan ke daerah anda.
blogger afrily

2. Buat template yang menarik sesuai tema anda

Bagaimana anda dapat bertahan untuk menelusuri sebuah situs web yang penataan alurnya acak - acakan dan penampilannya tidak menarik untuk anda lihat? itu yang harus anda ingat dan kemudian lakukan perubahan. Setelah anda menentukan tema yang akan anda bahas, tentukan template sesuai dengan tema anda. Anda bisa browsing dan mendownloadnya secara gratis maupun membelinya. Semakin profesional template anda akan semakin bagus terhadap trafic maupun SEO (Search Engine Optimization).

3. Buat konten yang original dan menarik

Tentu saja banyak hal menarik tentang wisata di daerah anda, saya akan memberikan sedikit gambaran dan anda akan dapat mengembangkannya sendiri.

  • Tempat wisata
Kunjungi tempat wisata yang ingin anda kunjungi, gali segala informasi tentang apa saja hal menarik didalamnya. Lakukan interview dengan pengelola dan minta ijin untuk memotret segala situasi yang ada atau kalau memungkinkan ambil semua gambar yang bahkan mungkin tidak umum bagi orang laintapi menarik perhatian anda. Kalau perlu anda bisa membuat video di youtube dan membuat link untuk blog anda. Perlu anda ingat bahwa youtube.com adalah situs nomor 2 paling banyak dikunjungi di dunia.

  • Hotel
Setelah orang merasa tertarik untuk mengunjungi tempat - tempat wisata yang telah anda eksplor tadi, tentunya mereka akan mencari informasi tentang hotel yang ada di sekitarnya. Berikan informasi dan gambar - gambar yang tepat sebagai promosi. Anda bisa mengunjungi bagian humas hotel dan mewawancarainya tentang hotel mereka kelola, siapa tahu anda akan mendapatkan semacam fee jika anda membawa seorang wisatawan. Bukan hanya satu, telusuri dan gali informasi tentang semua hotel yang ada. Katakan dengan optimis bahwa anda akan menjadi seorang marketer yang baik untuk hotel mereka.

  • kuliner
Ceritakan semua potensi masakan yang ada di daerah anda, tapi sebelumnya anda pasti juga harus mencobanya untuk dapat menceritakan secara mendetail tentang mereka. Anda pasti tahu bahwa wisata kuliner merupakan pesona tersendiri dalam hal pariwisata. Orang akan penasaran tentang masakan di suatu daerah. Nasi SOTO, akan berbeda kalau kita makan di Kudus dan medan, mereka mempunyai ciri khasnya masing - masing. Kalau anda menceritakan tentang restoran, anda dapat melakukan langkah yang sama dengan informasi hotel, siapa tahu dapat menguntungkan anda secara finansial.

  • Souvenir
Anda pasti pernah melakukan kunjungan wisata, kalau anda membaca sejauh ini anda pasti orang yang berminat dalam hal wisata :-). Kenapa anda membeli souvenir dari suatu daerah wisata? apakah anda ingin membawanya sebagai kenangan? ataukah anda ingin membawanya sebagai bukti kepergian anda untuk menceritakan ke teman? itu sama saja dengan alasan mereka membeli souvenir. Berikan informasi yang tepat tentang souvenir - souvenir itu dan dimana mereka dapat mendapatkannya.

Keempat hal itu adalah sedikit gambaran yang dapat saya berikan untuk mengisi konten tentang pariwisata, saya yakin anda akan dapat mengexplor lebih jauh tentang itu, mengingat anda akan menceritakan tentang daerah anda sendiri, tentrang apa yang sudah anda ketahui dan anda rencanakan.

4. Promosikan Website anda di sosial media maupun offline

Anda telah membaca artikel ini, berarti anda bukan seorang yang gagap teknologi. Saya yakin anda memiliki akun di jejaring sosial seperti facebook, google+ maupun twitter. Cari teman sebanyak - banyaknya kemudian buatlah semacam fanpage dan buat teman - teman anda menyukainya. Ikatan rasa sayang akan daerah yang mereka tinggali akan lebih memudahkan mereka untuk menekan tombol "like" walaupun hanya dengan membaca judulnya dari pada mereka harus menyukai tentang hal baru yang harus mereka pelajari terlebih dahulu.
Semakin banyak orang menyukai fanpage anda yang mengarah pada situs web anda akan semakin naik rank anda di mesin pencari. Tentu saja akan lebih bagus traffic yang akan anda dapatkan. Dengan cara offline, anda dapat memasang alamat situs anda pada kartu nama, atau dimana saja yang orang akan penasaran untuk membacanya.

5. Pelajari tentang SEO dan terapkan ke blog anda untuk meningkatkan trafik

TRAFFIC IS NUMBER ONE!! :-). Ini adalah salah satu langkah terpenting untuk memulai menguangkan blog anda. Berikan target pasar anda pada dunia. Buatlah ketika orang mencari tentang pariwisata indonesia, situs anda ada pada halam utama google, yahoo, bing, msn atau mesin pencari lainnya. Menarik bukan? banyak sekali langkah yang harus anda perbuat untuk mewujudkannya. jangan pernah putus asa dan dapatkan hasilnya di kemudian hari dengan sesuatu yang membanggakan. Berikutnya saya akan menulis tentang langkah - langkah SEO yang tepat, tetaplah ikuti artikel - artikel saya :-)

6. Pelajari tentang glog monetizing (Pay Per Click, Pay Per Review, Affiliate Marketing, dll) dan jadikan blog anda sumber uang

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, dalam hal apapun itu memang tidak mudah, namun mungkin juga tidak sulit hanya kita membutuhkan banyak waktu dan kesabaran, membutuhkan banyak usaha yang mungkin lebih dari orang - orang yang ada dan bergerak dibidang yang sama.
Kembali ke semangat TRAFFIC IS NUMBER ONE, sebelum anda melakukan hal yang lebih jauh tentang bagaimana menguangkan blog anda, berjuanglah untuk menaikkan rank website anda dan menjaring pengunjung sebanyak - banyaknya. Karena dari situlah awal mulanya sungai uang anda akan mengalir. Itu juga yang sedang saya lakukan terhadap beberapa blog yang saya miliki. Ketahuilah sobat, memiliki blog di bidang pariwisata juga merupakan salah satu target saya di masa mendatang. Kenapa saya katakan mendatang? karena daerah yang saya tinggali bukan tempat potensial wisata, saya akan memerlukan banyak uang untuk melakukan travelling :-).

Conclusion:
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan di internet, kita dapat melakukannya melalui program afiliasi, PPC, PPR atau masih banyak yang lainnya. Tapi sebelum itu kita harus melakukan sesuatu yang sulit yaitu memilih niche yang benar - benar kita kuasai, kemudian belajar cara untuk menaikkan traffic nya, kemudian menerapkannya. Ketahuilah sobat bahwa dengan membanjirnya traffic pengunjung di blog anda, bersamaan dengan itulah anda akan mendapatkan hasilnya. Kalau anda membaca tentang artikel yang berjudul CARA MUDAH MENDAPATKAN UANG DI INTERNET, atau mungkin SEPULUH HARI MENGUANGKAN BLOG ANDA, atau mungkin judul - judul menggiurkan yang lain, itu bukan buat anda yang masih pemula. Percayalah pada saya, karena itu adalah buat orang yang memiliki situs yang memiliki traffic pengunjung yang sudah tinggi. Selamat berjuang sobat, hidup adalah tentang perjuangan.